Debat Pertama, Cagub-Cawagub DKI Sampaikan Gagasan Soal Pemerintahan Efektif

Source: Internet

 

Debat pertama calon gubernur-wakil gubernur pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017 akan diselenggarakan pada Jumat (13/1/2017). Komisioner KPU DKI Jakarta Dahliah Umar mengatakan, tema pada debat pertama yakni pembangunan demokrasi dan pemerintahan yang efektif.

“Pemerintahan yang efektif itu terkait dengan reformasi birokrasi, good governance, dan inovasi pemerintahan,” ujar Dahliah di Kantor KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (3/1/2017).

Selain itu, ketiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta juga akan menyampaikan gagasan mereka soal penegakan hukum yang terkait dengan pemberantasan korupsi, pungutan liar (pungli), dan penegakan keadilan.

Dahliah menuturkan, debat pertama akan diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, mulai pukul 20.00-22.00 WIB. Debat tersebut akan dipandu oleh jurnalis sebagai moderator.

“Moderator kami pilih dari unsur jurnalis yang cukup senior karena kami ingin debat ini terselenggara secara menarik sehingga kemudian unsur pendalaman visi-misinya itu tercapai,” kata dia.

Hal yang penting dalam debat, lanjut Dahliah, semua pasangan cagub-cawagub DKI harus betul-betul menjelaskan detail konsep dan pandangan mereka terkait isu-isu yang berkaitan dengan tema tersebut.

Menurut Dahliah, saat ini KPU DKI tengah berkoordinasi dengan moderator dan para panelis untuk menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan tema pada debat pertama dan pola debat yang akan dilangsungkan.

KPU DKI telah menginformasikan perihal debat ini kepada semua tim pasangan cagub-cawagub.

“Pada prinsipnya kami sudah berkoordinasi dengan seluruh tim pasangan calon dan menjelaskan kepada mereka tema-tema debatnya itu apa saja, kemudian aturan mainnya seperti apa, kemudian bagaimana nanti kami mengelola sub-sub tema dalam setiap debat,” ucap Dahliah.

Debat cagub-cawagub akan dilaksanakan sebanyak tiga kali, yakni 13 Januari, 27 Januari dan 10 Februari 2017. Debat tersebut akan disiarkan secara langsung oleh beberapa stasiun televisi secara bergiliran.

Debat pertama akan disiarkan secara langsung oleh tiga stasiun televisi, yakni TV One, Net TV, dan Jawa Pos TV.

Adapun Pilkada DKI Jakarta diikuti oleh tiga pasangan cagub-cawagub, yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


three × 5 =