Densus 88 Sita Bom Rakitan dari Kampus Universitas Riau

Foto: Istimewa

 

Jakarta — Detasemen Khusus Antiteror menggeledah area kampus Fakultas Ilmu Sosial  dan Ilmu Politik (Fisipol), Universitas Riau (Unri), di Kelurahan Simpang Baru, Tampan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (2/6). Dalam penggeledahan sekitar pukul 13.30 WIB itu Densus 88 menemukan bom rakitan. Satu tersangka berinisial MNZ ditangkap.

“MNZ (33), swasta, adalah ex mahasiswa Unri. Dia ditangkap di dalam Kampus Unri, alamat pelaku di Lubuk Sakat, Kampar, Riau,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, Sabtu malam. Ada dua saksi lain yang ditangkap dan berpotensi jadi tersangka. Mereka adalah RB alias D (34), swasta, ex mahasiswa Unri yang ditangkap di Desa Kampar Kumbang, Kampar. Lalu OS alias K, 32 tahun, swasta, ex mahasiswa Unri yang ditangkap di kawasan kampus Unri.

“Mereka memiliki kemampuan membuat bom TATP dan men-share cara pembuatan bom di link group telegram,” lanjutnya. Mereka diduga menyerukan amaliyah atau penyerangan terhadap kantor DPR RI dan DPRD. Ada dua bom pipa besi yang sudah jadi dan disita.

Juga ada bahan peledak (handak) jenis TATP yang sudah jadi, dan bahan-bahan lain seperti pupuk KNO3, sulfur, gula, dan arang, yang kerap dipakai untuk membuat bom. Selain itu juga ada dua busur panah buah dan delapan anak panahnya, satu senapan angin dan satu granat tangan rakitan. Polisi belum melansir jaringan pelaku.

BeritaSatu 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


19 − eleven =