DPR Dukung ‘Duel Reklamasi’ Amien Rais dengan Luhut Panjaitan

 

Tantangan mantan Ketua MPR Amien Rais kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengadu data dan fakta tentang pembangunan reklamasi Teluk Jakarta didukung Wakil Ketua Komisi IV DPR‎ Daniel Johan.

Daniel menilai tantangan Amien demi kebaikan ke depan. “Untuk kebaikan kenapa enggak dukung? Pemerintah juga butuh data yang valid,” ujar Daniel Johan saat dihubungi wartawan, Rabu (17/5/2017).

Menurut dia, adu data dan fakta itu diperlukan agar pemerintah mengambil keputusan terbaik sesuai data dan fakta. “Ini juga akan memperkuat kepastian hukum bagi pengembang dan investasi,” papar Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Kendati demikian, dia mengaku tidak mempermasalahkan pembangunan reklamasi Teluk Jakarta asalkan memenuhi tiga hal. Pertama, sesuai peraturan dan undang-undang. Kedua, harus ada analisis dampak lingkungan (amdal) kawasan, sehingga tidak menimbulkan bencana sosial dan lingkungan. “Serta (ketiga) ada jaminan mata pencaharian dan penghidupan nelayan,” ucapnya.

Sebelumnya, Amien mengungkapkan menolak pendapat Luhut Panjaitan yang mengatakan tanah Jakarta akan tenggelam 8-23 cm apabila proyek pembangunan reklamasi dan tanggul laut raksasa tidak dilaksanakan. “Mari kita adu fakta dan data, kalau misalkan data Pak Luhut Binsar itu lebih aktual bahwa reklamasi akan mencegah banjir maka saya akan ikuti. Tapi kalau data kami lebih shahih maka Pak Luhut juga harus hentikan. Jangan lah jual-jual tanah kita itu,” kata Amien Rais di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 16 Mei 2017.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


7 − three =