Geraldine Roman, Perwira Transgender Pertama di Filipina

Foto: via WashingtonPost

 

Militer Filipina mengangkat perwira transgender pertama pada Rabu, (14/2). Geraldine Roman, transgender pertama yang terpilih menjadi anggota kongres sebagai reservis. “Geraldine adalah perwira transgender pertama di Angkatan Bersenjata Filipina,” kata Juru Bicara Departemen Pertahanan, Arsenio Andolong seperti dilansir AFP, Jumat, (16/2).

Perwira Transgender

Andolong menyatakan, pengangkatan ini sekaligus memberikan penjelasan kepada dunia bahwa gender tidak menjadi halangan bagi siapapun yang ingin melayani negara ini. “Perang dan bencana tak melihat jenis kelamin. Setiap orang harus membela dan melayani masyarakat dan negara kita, ” tambahnya.

Roman terlahir dari keluarga politisi di Manila, ia mengubah gendernya pada tahun 1990-an. Kesuksesan dalam bidang politiknya dipuji oleh aktivis LGBT di tengah masyarakat Manila yang konservatif. Masyarakat yang menolak perceraian dan menolak pernikahan sesama jenis.  Pada tahun 2017, militer Filipina mengumumkan, pihaknya akan menerima pelamar LGBT asalkan mereka mempunyai martabat.

 

JawaPos

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


one × three =