Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional di Jakarta Beranjak Stabil

Foto: Antara//Aditya Pradana Putra

 

Di tengah terpuruknya nilai tukar rupiah terhadap dolar membuat sejumlah harga kebutuhan pokok sempat mengalami kenaikan. Kendati begitu, beberapa harga sayuran dan sembako lainnya kini mulai berangsur-angsur menurun.

Menurut Nino (28) pedagang sayuran di Pasar Cempaka Putih, Jakarta Pusat, dua hari kemarin kenaikan tertinggi terjadi pada harga cabe keriting dari Rp20 ribu menjadi Rp26 ribu.  “Sekarang sudah turun lagi jadi Rp21 ribu perkilogram,” katanya, Selasa (11/9/2018).

Sedangkan harga bawang merah, mengalami penurunan dari hari sebelumnya. Kemarin bawang merah masih dijual Rp24 ribu dan kini tuirun Rp1.000 menjadi Rp24 ribu. Sedangkan bawang putih dari Rp30 ribu kini menjadi Rp25 ribu perkilogram.

Untuk harga ayam potong, di pasar Cempaka Putih naik sekitar Rp1.000 dari Rp24 ribu menjadi Rp25 ribu perkilogram. Begitu juga untuk telor ayam dari Rp22 ribu menjadi Rp23 ribu perkilogram.

Sementara itu, di Pasar Perumnas Klender Jakarta Timur, sejumlah harga kebutuhan pokok masih terhitung tinggi. MIsalnya saja untuk harga bawang merah masih berada di kisaran Rp28 ribu perkilogram.

“Bawang merah harganya masih Rp28 ribu, kalo bawang putih Rp30 ribu perkilogram,” ujar Ghuri pedagang di Pasar Perumnas Klender. Menurut Ghuri, tingginya harga bawang merah dan bawang putih itu karena pasokan dari daerah asal mulai berkurang akibat musim kemarau panjang.

“Kami biasa ambil dari pasar Induk Kramatjati, memang dari induknya sudah mahal karena pasokan dari Brebes berkurang akibat kemarau,” terangnya. Untuk harga ayam potong, di pasar Perumnas Klender masih dikisaran Rp30 ribu perkilogramnya.

Sindo

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


4 × 3 =