Jelang Puasa, Harga Pakaian di Pasar Tanah Abang Naik 10-50 Persen

Foto: via Kudo

 

JAKARTA  –  Bulan Ramadan menjadi bulan yang sangat ditunggu tunggu bagi sebagian pedagang.  Salah satunya pedagang pakaian di Pasar tanah abang. Dua minggu menjelang Ramadan, pasar grosir pakaian terbesar di Asia Tenggaa ini mulai ramai oleh pembeli yang ingin berbelanja. Pembeli sengaja berbelanja lebih awal, karena harga pakaian biasanya mulai merangkak naik saat bulan puasa.

Salah satu pedagang mengatakan, permintaan pakaian meningkat pada H-1 bulan puasa. Mereka biasanya membeli pakaian secara grosir lalu menjualnya kembali. Dengan meningkatnya permintaan pakaian, kondisi ini  di manfaatkan bagi para pedagang untuk menaikan harga.  “Harganya pasti bedalah kalau  puasa. Tapi paling saya hanya naikin harga sekitar 10 persen,” kata mia salah satu pedagang pakaian.

Mia menuturkan, kenaikan harga menjelang puasa adalah hal yang wajar.  Permintaan pakaian yang banyak di pesan biasanya adalah baju muslim dan baju koko. Ini juga diakui oleh salah satu pengunjung kemarin.  “Saya beli baju koko buat buat suami saya sama baju muslim buat anak anak saya. Soalnya kalo saya beli pas bulan puasa harganya beda lagi, ” tutur Masitoh.

Dari pantauan Pos Kota, ada sejumlah pedagang yang menaikkan harga hingga 50 %  . Contohnya baju koko yang semula Rp100 ribu namun di bulan puasa dijual dengan harga Rp150 ribu.   Namun harga ini masih bisa ditawar.

“Kalo saya kasih harga murah terus nanti di tawarnya lebih murah,  mending saya naikin harga baru nanti ditawarnya sesuai,” ujar Anita penjual baju muslim. Anita mengaku alasan ia menjual dengan harga tinggi ialah agar dapat bernegosiasi dengan harga yang sesuai nantinya,  dan agar ia juga dapat untung besar untuk pulang ke kampung halaman.

Poskota

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


one × 2 =