Kim Jong Un Minta Xi Jinping Bantu Akhiri Sanksi Ekonomi Korut

Foto: AFP//JIJI

 

Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un meminta Presiden Tiongkok Xi Jinping untuk membantu mengakhiri sanksi terhadap Pyongyang. Hal ini dilakukan menyusul pertemuan puncak dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Kim meminta bantuan Xi selama pertemuan ketiganya dengan Xi di Beijing bulan lalu. Menurut kantor berita Jepang Yomiuri Shimbun, Xi berjanji untuk melakukan yang terbaik untuk memuaskannya.

“Kami merasa terpuruk dengan sanksi ekonomi yang diberikan, kami menyimpulkan pertemuan puncak AS-Korut menuju keberhasilan, dan saya ingin Tiongkok membantu untuk pencabutan sanksi lebih awal,” kata Kim kepada Xi menurut surat kabar tersebut dilansir dari Channel News Asia Senin, (2/7).

Dalam beberapa bulan terakhir, sekutu era Perang Dingin ini telah berusaha memperbaiki hubungan yang dirusak oleh uji coba nuklir Pyongyang. Korut meminta dukungan Beijing atas sanksi PBB terhadapnya.

Kim memilih Beijing sebagai pelindung ekonomi utama dan pelindung diplomatiknya. Bahkan, perjalanan luar negeri resmi pertamanya pada Maret adalah untuk bertemu Xi, lalu pertemuan keduanya pada Mei di Kota Pelabuhan Dalian, timur laut.

Kim meminta Xi untuk membantu meringankan sanksi yang telah melumpuhkan ekonomi Korut. Korut juga mendesak Tiongkok untuk mendukung Pyongyang dalam pembicaraan denuklirisasi dengan Washington.

Fajar

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


3 × 2 =