Ini Peringkat Kota Terliar di Dunia, Jakarta Nomor Berapa?

Foto: ManchesterBars

 

Kehidupan urban kerap dibumbui dunia malam. Pesta dan kehidupan orang-orang yang dipenuhi hedonisme memenuhi kota-kota itu. Laman MoveHub membuat pemeringkatan kota-kota di dunia yang dipenuhi kegilaan semacam itu. Laman itu menyebutnya sebagai “margasatwa kota”. Untuk mengukur keliaran kota di seluruh dunia, laman tersebut menggunakan tiga indikator, yakni kehidupan malam, alkohol, dan obat-obatan.

Laman itu bekerja sama dengan situs pencari lokasi wisata TripAdvisor dan Yelp. Dari hasil itu, mereka mengalkulasi kehidupan malam tiap 100 ribu orang di setiap kota. Laman tersebut juga menggunakan Indeks Pemakaian Ganja dan memperhitungkan pemakaian ganja tiap 100 ribu orang di suatu kota tiap tahun. Terakhir, laman itu menggunakan statistik konsumsi alkohol dan penggunaan kokain yang didapat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Organisasi Bangsa-bangsa untuk Obat-obatan dan Kejahatan (UNODC).

Laman itu memberi nilai nol sampai tiga. Nol untuk menggambarkan ketenangan dan tiga untuk menunjukkan ‘kegilaan’ yang ada. Berdasarkan data yang ada, Jakarta menempati posisi paling buncit. Indeks ‘keliaran’ di Jakarta mencapai 0,12. Lantas kota-kota manakah yang menempati posisi teratas kota terliar?

 Kota-kota terliar

Kota Manchester, Inggris, menempati posisi teratas. Posisi kedua dan ketiga diteruskan dengan Ibu Kota Amerika Serikat, Washington DC, dan Miami. MoveHub menyebut, terpilihnya Manchester bukan tanpa alasan. Kota ini disesaki kelab kelas atas dunia.

Terdapat 818 tempat hiburan malam untuk tiap 100 ribu orang di Manchester. Warga kota ini diketahui juga mengonsumsi 2,3 metrik ton ganja per 100 ribu orang tiap tahun. Sementara konsumsi alkohol warga Manchester mencapai 11,6 liter per orang per tahun.

Dream

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


17 + 1 =