KPU Sebut Tujuh Peserta Pemilu Telah Lengkapi APK

Ilustrasi Pemilihan Umum 2019.(dok/Ist)

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut, tujuh partai politik dari 16 peserta pemilihan umum (Pemilu) 2019 telah melengkapi untuk desain alat peraga kampanye (APK). Ketujuh partai yang sudah melengkapi, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, Partai Garuda, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partauli Hanura, dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Komisioner KPU, Hasyim Asyari, menyatakan bahwa penyerahan APK dari ketujuh partai itu dilakukan hari ini atau Senin (29/10/2018).  “Hari ini peserta pemilu baik pasangan calon maupun partai politik menyerahkan secara resmi desain alat peraga kampanye yang akan diproduksi oleh KPU.  Ada 7 yang sudah lengkap,” kata Hasyim.

Hasyim mengatakan, desain APK diserahkan kepada masing-masing parpol. Namun, isi dari desain tersebut telah ditetapkan oleh KPU. “Desain kita serahkan pada peserta pemilu, tetapi kita cek apakah (isinya) sesuai,” kata Hasyim.

Selain tujuh parpol, dua pasangan calon presiden dan wakil presiden juga telah melengkapi desain APK. Kelengkapan desain APK diserahkan oleh peserta pemilu kepada KPU.

Sementara itu, lima partai yang belum melengkapi desain alat peraga kampanye, yakni PDI Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Berkarya. Adapun Partai Golkar, Partai Nasdem, dan Perindo belum menyerahkan hard file ke KPU, sedangkan Partai Demokrat masih menyodorkan dua desain yang belum diputuskan salah satunya.

Partai politik diharuskan mengirim desain alat peraga kampanye ke KPU paling lambat 5 November 2018 mendatang. “Kami harapkan hingga akhir pekan ini parpol peserta pemilu mengirimkan desain alat peraga kampanye agar peserta pemilu bisa melakukan sosialisasi,” tuturnya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


fifteen + 7 =