Kuliner Malam Jalan Mahakam

Jalan Mahakam di kawasan Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan merupakan sepotong jalan yang dikelilingi berbagai landmark. Salah satu pusat perbelanjaan yang cukup besar, Blok M Plaza, berdiri di salah satu sisinya. Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) favorit yang pernah dijuluki sekolah artis pada kurun waktu 80an, yakni SMA 6, menempati sisi lainnya. Ada pula Hotel Gran Mahakam, toko kue Le Gourmet, serta Apotek Mahakam.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, salah satu tempat terkenal di jalan Mahakam sudah hilang ditelan jaman. Toko kaset dan CD Aquarius, seperti juga kaset dan Compat Disc – pita rekaman dan cakram untuk mendengarkan musik – sekarang tinggal menjadi sejarah. Namun, untuk urusan kuliner, terutama kuliner kaki lima atau street food, Jalan Mahakam tetap menjadi barometer anak muda yang ingin mencari tempat makan malam sekaligus nongkrong yang asyik.

Rasa yang Melegenda

Pernah dengar nama GultikGultik, yang merupakan singkatan dari Gulai Tikungan ini adalah masakan berupa gulai (gule) yang dicampur nasi, sangat mudah ditemui di Jalan Mahakam. Hampir di setiap tikungan – seperti namanya – ada penjual gultik. Sekarang tidak hanya ada di tikungan, tetapi di setiap sudut Jalan Mahakam kita bisa menemui si gultik ini.

Rasa gurih yang hangat serta porsi yang tidak terlalu besar cocok dimakan saat malam hari di pinggir jalan, Harganya pun murah, sepiring hanya sepuluh ribu rupiah. Namun, Anda mungkin harus menyiapkan banyak uang receh karena selalu ada pengamen dan ondel-ondel yang datang menghampiri.

Gultik yang menggelitik selera. (Foto: Dessy Savitri)

Belum kenyang dengan seporsi gultik? Anda tinggal menyeberang ke kedai Ayam Bakar Ganthari, salah satu tempat makan di Blok M yang sudah ada sejak tahun 90an. Di sini selain ayam bakar, Anda juga bisa memesan menu lain seperti bebek bakar, tempe dan tahu bakar, soto ceker, iga bakar, dan sup iga. Rasa masakannya enak dan mengenyangkan. Harganya juga relatif murah.

Ayam bakar Ganthari yang banyak digemari. (Foto: Dessy Savitri)

Mau makan ayam dengan rasa dan suasana legendaris di kawasan Blok M? Ada yang lebih lejen daripada Ayam Bakar Ganthari, yaitu Ayam Bulungan. Secara teknis alamat dan namanya adalah Bulungan, tetapi lokasinya berada di dekat tikungan jalan Mahakam, yaitu di depan bundaran jalan Mahakam dan jalan Bulungan.

Ayam Bulungan sudah hadir sejak tahun 70an. Keotentikan rasa dan penyajiannya tetap terjaga. Selain ayam kampung yang menjadi menu andalannya, restoran ini juga menyajikan masakan lain seperti tahu telur, aneka soto, gado-gado, gudeg, dan lain sebagainya.

Warung Kekinian

Ingin mencoba tempat kekinian di jalan Mahakam? War.ga alias Waroeng Gaul dengan tagline “tempat nongkrongnya anak gaul masa kini”, menyajikan beragam menu jajanan gaul seperti kue pancong, roti bakar, martabak, tahu gejrot, singkong goreng, pisang goreng, lumpia, mi  instan, sate taichan dan lain-lain. Sesuai dengan konsep kekinian, makanan ringan tersebut dimodifikasi dengan berbagai topping yang pas dengan selera anak zaman now.

War.ga: Warung makan kekinian hadir meramaikan Mahakam (Foto: Dessy Savitri)

Para pengunjung pada Jumat malam dan malam Minggu dimanjakan dengan hadirnya live music serta bisa nongkrong hingga pukul 1.00 dinihari, sedangkan pada malam lainnya bisa gaul sampai pukul 22.00.

Mau makan yang hangat-hangat tetapi ogah nongkrong di pinggir jalan? Jangan khawatir. Anda bisa makan bakso di restoran Bakso Boedjangan yang ada di depan bundaran. Bakso Boedjangan buka sampai pukul 23.00 sehingga bisa makan dengan tenang tanpa terburu-buru.

Berbagai varian bakso tersedia di restoran yang juga mengikuti selera kekinian ini. Dari mulai bakso urat, bakso telur bebek, bakso keju, bakso keju mozzarella sampai bakso wagyu bisa dipilih. Kuah baksonya juga ada pilihan kuah kaldu tulang, kuah rawon pedas, bahkan ada kuah taichan. Di sini juga tersedia siomay, mi ayam pangsit, nasi goreng dan aneka minuman.

Ayam Bulungan dan Bakso Boejangan : Yang legendaris dan yang sedang laris. (Foto: Dessy Savitri)

Kelezatan di Depan Taman

Bagi penggemar kuliner Manado, silakan mencoba Restoran Rarampa. Rumah makan Manado ini terletak tepat di depan Taman Ayodya. Anda bisa menikmati berbagai penganan khas Manado seperti panada, lalampa, balapis, biapong unti, klapertaart, serta kopi khasnya, yaitu kopi kawangkoan. Ada pula tahu goreng, singkong goreng dan pisang goreng yang enak dimakan bersama sambal roa.

Kopi Kawongkoan sedap dinikmati bersama panada dan lalampa atau tahu dan sambal roa (Foto: Dessy Savitri)

Menu makanan utama seperti kuah asam ikan kakap, tuna, atau kerapu, rica-rica ayam atau ikan, ayam woku blanga, ayam isi di bambu, ayam tuturaga, cumi tinta hitam, tumis bunga papaya, mi cakalang, sup brenebon (sup kacang merah dengan daging iga, ayam atau cakalang), dan tinutuan (bubur Manado) juga tersedia. Cita rasa masakannya yang lezat dan terjamin halal serta tempatnya yang luas membuat Rarampa sering menjadi pilihan untuk acara-acara silaturahmi seperti reuni atau halal bihalal.

Acara Reuni SMA 6 Mahakam angkatan ’89 di Rarampa beberapa waktu yang lalu (Foto: FB Mahakam 689)

Ingin menikmati taman Ayodya di waktu malam tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam? Anda tinggal pilih makanan atau minuman di salah satu gerobak kaki lima yang memenuhi tepi luar taman itu. Mulai dari siomay, dim sum, cilok, bakso, mi ayam, es podeng, sate ayam, sate padang, sampai nasi goreng tersedia di sana. Ada pula jajanan tradisional yang digemari tua muda, yaitu arum manis atau biasa juga dijuluki rambut nenek.

Bagi pencinta seafood kini hadir restoran Live Seafood Cabe Ijo, tepatnya di lokasi bekas Pisa Café yang dulu pernah jadi tempat nongkrong asyik yang hits. Restoran Cabe Ijo ini juga menyediakan menu masakan Indonesia dan Chinese food. Bagi untuk yang doyan makan mi, ada restoran Bakmi Permata di sebelahnya.

Pisa Kafe sekarang menjadi restoran seafood Cabe Ijo. (Foto: Dessy Savitri)

Ingin mengundang tamu makan malam yang cukup mewah? Anda bisa memilih restoran Le Gran Café atau Aoki Japanese Cuisine di Hotel Gran Mahakam. Anda bisa juga mengajak sang tamu ke Restoran Koi Mahakam, Hanamasa, Caza Suki, Roppongi Papa, atau Yoiko Ramen 415, kesemuanya ini bisa ditemukan di deretan jalan Mahakam yang tidak terlalu panjang.

Kuliner malam di Jalan Mahakam menyajikan berbagai hidangan untuk segala kalangan. Mari nikmati sepinggan keasyikan dalam temaram kawasan Kebayoran.

Dessy Savitri

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


1 × three =