Lebaran Kolesterol Naik, Netralkan dengan 3 Minuman Ini

Foto: NutriNeat

 

Saat merayakan lebaran biasanya masyarakat cenderung tidak bisa mengontrol asupan makanan yang mereka konsumsi. Akibatnya, kolesterol yang tinggi dapat dan risiko serangan jantung serta stroke pun senantiasa mengintai.

Lontong sayur, opor ayam, rendang dan aneka kuliner lebaran lainnya menjadi salah satu penyumbang kolesterol terbesar bagi tubuh Anda. Tak aneh banyak poliklinik yang ramai dikunjungi oleh pasien usai liburan untuk memeriksakan kondisi kesehatan mereka.

Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu takut terhadap kondisi kesehatan Anda. Menyadur dari Live Strong, akan membahas mengenai lima minuman yang efektif untuk mencegah kolesterol.

1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan tingkat tinggi yang disebut dengan polifenol. Menurut penelitian University of Maryland Medical Center, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman ini dapat menurunkan kolesterol jahat.

Minuman ini juga dapat meningkatkan kolesterol baik yang menyapu kolesterol jahat dari arteri Anda. Para peneliti percaya bahwa polifenol dalam teh hijau menghambat penyerapan kolesterol dalam usus dan meningkatkan ekskresinya dari tubuh Anda.

2. Jus Beri

Buah beri membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Tetapi beberapa diantaranya lebih efektif daripada buah yang lain. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California di Davis, para peneliti menemukan bahwa buah segar secara signifikan dapat menurunkan kolesterol jahat. Blackberry adalah buah yang paling efektif diikuti dengan rapsberry merah, blueberry dan stroberi.

Buah ceri yang sarat akan antioksidan memberikan beberapa manfaat termasuk mengurangi kadar kolesterol. Dalam sebuah penelitain yang dilakukan di University of Michigan Cardiovascular Center, tikus menerima seluruh bubuk ceri sebagai bagian dari diet tinggi lemak. Terbukti tikus tersebut memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah secara signifikan dibandingkan dengan beberapa tikus lainnya.

3. Teh jahe

Jahe telah digunakan secara medis selama berabad abad untuk mengobati masalah kesehatan seperti mual dan diare. Studi awal juga menunjukkan bahwa hal ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah atherosclerosis. Namun mereka merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari empat gram jahe setiap harinya.

Meski minuman di atas tadi sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Namun, beberapa minuman tersebut dapat menyebabkan efek samping. Contohnya terlalu banyak meminum teh hijau dapat menyebabkan insomnia, pusing dan mudah marah. Teh jahe dapat menyebabkan sakit maag dan perut.

Minuman ini juga dapat berinteraksi dengan obat obatan tertentu. Konsultasikan minuman ini dengan dokter untuk membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh Anda.

KRJogja

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


five + three =