Pengadilan Spanyol Bebaskan Ketua Parlemen Catalonia

Source: El Confidencial

 

Pengadilan Spanyol membebaskan Ketua Parlemen Catalonia, Carme Forcadell, dan empat politisi yang diduga terlibat memuluskan deklarasi kemerdekaan yang bertentangan dengan konstitusi. Kelimanya dibebaskan dengan jaminan dan tetap menghadapi penyelidikan kepolisian.

Hakim Pablo Llarena, mengatakan para tersangka dibebaskan karena menjamin bahwa mereka tidak akan terlibat aktivitas politik yang mendukung gerakan separatisme Catalonia. Mereka juga bersedia membayar uang jaminan.

“Semua tersangka menjamin bahwa mereka tak akan melanjutkan aktivitas politik, atau jika masih aktif mereka tidak akan mendukung tindakan yang tak sesuai dengan kerangka konstitusi,” kata Llarena yang mengadili kasus tersebut, dalam pernyataan resmi, Kamis (10/11).

Sumber pengadilan kepada Reuters menyatakan, meski dibebaskan namun Forcadel akan ditransfer ke tahanan Alcala Melco hingga dia membayar jaminan sebesar 150.000 euro. Empat politisi lain yang diadili bersama Fordacel diwajibkan memberi jaminan sebesar 25.000 euro.

Kepolisian Spanyol menyatakan tetap menyelidiki peran Fordacel dan rekan-rekannya dalam memuluskan deklarasi kemerdekaan Catalonia. Seperti diketahui, Pemimpin separatis Catalonia, Carles Puigdemont, telah menandatangani naskah deklarasi kemerdekaan dalam sidang pleno Parlemen Catalonia, pada 10 Oktober 2017.

Sementara itu, Pengadilan Tinggi Spanyol masih akan memproses persidangan untuk delapan anggota kabinet pemerintahan Catalonia bersama dua pemimpin partai pro-kemerdekaan. Mereka masih ditahan dan akan menghadapi persidangan dalam pekan ini.

Pengadilan Tinggi Spanyol juga meminta Pemerintah Belgia mendeportasi Puigdemont bersama empat mantan menteri yang melarikan diri ke negara itu setelah dipecat oleh Pemerintah Spanyol, agar dapat disidang atas dakwaan melakukan “penghasutan” dan “pemberontakan” terhadap negara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


17 + 7 =