Ribuan Buruh Migran Deklarasi Dukung Pasangan Jokowi-Ma’ruf

 

Ribuan buruh yang mengklamin diri menjadi perwakilan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri atau kerap disapa buruh migran berdeklarasi untuk mendukung pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Sebanyak 1000 perwakilan yang tergabung dalam Komunitas Jokowi Pro Pekerja Migran Indonesia (Jokopromig) melangsungkan agenda deklarasi di Gedung Binus Jalan Raya Pekayon-Pondokgede, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Kamis (25/10/2018).

Selain dihadiri sekitar 1.000 TKI dari berbagai yayasan di Jabodetabek, kegiatan itu juga disaksikan secara langsung oleh Calon Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Menteri Ketenagakerjaan RI Hanif Dhakiri, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono serta perwakilan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Ketua Umum Jokopromig Joeslin Nasution mengatakan, perkumpulan ini disebut mampu untuk mendongkrak suara bagi Jokowi-Ma’ruf. Pasalnya, wadah ini mewakili sekitar 4 juta migran kita di luar negeri yang punya hak suara.

“1.000 TKI yang kini hadir mewakili sekitar 4 juta migran kita di luar negeri dan yang sudah pulang ke Indonesia,” katanya.

“Imigran dan TKI ini kan rata-rata sudah berkeluarga, bayangkan kalau mereka juga menggerakan suara saudara serta keluarganya di rumah, pasti akan luar biasa menyumbang kemenangan bagi Jokowi-Ma’ruf,” katanya.

Salah satu pertimbangan pihaknya memberikan dukungan kepada kandidat petahana itu dikarenakan telah dirasakannya hasil kerja Presiden Joko Widodo yang sangat berpihak kepada kepentingan TKI serta imigran.

Joeslin mencontohkan, kebijakan Joko Widodo dalam menggratiskan biaya pembuatan Tanda Kerja Luar Negeri (TKLN).

“Sebelum Pak Jokowi jadi Presiden, TKI dibatasi hanya dua tahun di luar negeri, sekarang sudah tidak lagi,” katanya.

Sementara itu, KH Ma’ ruf Amin mengapresiasi gerakan deklarasi yang dibuat Jokopromig.

“Deklarasi pekerja migran di luar negeri ini, mereka antusias menyatakan dukungan kepada kami (Jokowi-Ma’ruf). Kami nyatakan terima kasih,” katanya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


five × 3 =