Trump: Hanya Ada 1 Cara Atasi Korut

Source: Internet

 

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa hanya ada satu hal yang bisa efektif dalam mengatasi masalah Korea Utara setelah para presiden pendahulunya berunding dengan Pyongyang tanpa hasil.

“Para presiden dan pemerintahan mereka telah bicara dengan Korea Utara selama 25 tahun, perjanjian dibuat dan banyak uang dikeluarkan,” kata Trump di Twitter, Sabtu (7/10) waktu setempat.

“…Tak ada yang berhasil, perjanjian-perjanjian itu dilanggar sebelum tintanya kering, para negosiator AS dibodohi. Maaf, namun hanya ada satu cara yang efektif!”

Trump tidak menjelaskan apa yang dia maksud, namun komentar dia tampaknya makin memperkuat indikasi bahwa dia sedang memikirkan aksi militer.

Dia sebelumnya telah mengatakan bahwa Amerika Serikat akan “menghancurkan total” Korea Utara jika diperlukan untuk melindungi diri sendiri dan para sekutu AS dari ancaman nuklir Korut.

Awal pekan ini, di sela pertemuan dengan para pemimpin militer AS, Trump menyampaikan ke wartawan pepatah “calm before the storm”, yang maknanya kurang lebih situasi yang tampak tenang dan damai namun badai segera datang.

Ketika itu dia ditanya apa maksudnya, dan Trump menjawab: “Anda akan tahu nanti.”

Ketika pertanyaan itu diajukan ke Juru Bicara Gedung Putih Sarah Sanders, dia menjelaskan bahwa pernyataan Trump merujuk ke Iran dan Korea Utara.

Terkait pernyataan Trump di Twitter hari Sabtu, Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon mengatakan bahwa tugas mereka adalah “menyampaikan opsi militer kepada presiden dan melaksanakan perintahnya.”

Trump berulangkali menegaskan bahwa dia tidak berminat melakukan dialog dengan Korea Utara.

Pekan lalu dia mengatakan perundingan dengan Pyongyang hanya membuang waktu saja, hanya sehari setelah Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan bahwa Washington masih membuka jalur komunikasi dengan pemerintahan Kim Jong Un.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


fifteen − 14 =