Ibukota Pindah, Faisal Basri Yakin Jakarta Jadi Kota Modern

Foto: teropongsenayan

 

JAKARTA  —  Pemerintah melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah menemukan beberapa calon ibukota pengganti DKI Jakarta. Saat ini Bappenas kembali mengkaji kota-kota tersebut yang layak jadi ibukota masa depan Indonesia.

Pengamat ekonomi Universitas Indonesia Faisal Basri menilai Jakarta bisa jadi kota yang lebih maju saat ibukota pindah. Karena saat ini Faisal menilai terlalu banyak masalah di Jakarta sebagai kota pemerintahan dan bisnis.

“Jakarta akan jadi kawasan kota modern, smart city, enggak ada lagi yang namanya pasar-pasar becek,” ujar Faisal di Outlook Ketahanan Energi untuk Mendukung Pertumbuhan Industri Nasional 2018, di Jakarta, Rabu (13/12/2017). Faisal yakin Jakarta bisa jadi kota yang lebih maju, karena Upah Minimum Provinsi (UMP) meningkat. Sehingga sektor lapangan kerja informal kata Faisal juga bisa berkurang.

“Karena UMP nya akan naik. Jadi akan betul-betul jadi kota modern. Enggak ada lagi fasilitas penyembelihan hewan,” kata Faisal. Faisal menambahkan sebaiknya pemindahan ibukota pindah secara bertahap. Faisal menyarankan Kementerian Kehutanan dan Pertanian yang lebih dulu ke ibukota baru disusul kementerian teknis lainnya.

“Nanti kan bertahap pindahnya. Pertama yang pindah itu sebaiknya Kementerian Kehutanan, baru Pertanian. Menteri Keuangan belakangan. Kan bangun dulu untuk kompleks PNS nya,” papar Faisal.

 

TribunNews

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


18 + five =