Kalahkan Jakarta, Bekasi Basis Pengguna Facebook Terbanyak di Indonesia

Foto: Reuters/Dado Ruvic

 

Pengguna Facebook di Indonesia tidak boleh dipandang remeh, mengingat Indonesia memiliki populasi terbesar di Asia Tenggara.  We Are Social dan Hootsuite mengungkapkan pertumbuhan sosial media mencapai 13 persen pada tahun ini dengan jumlah total pengguna mencapai 3 miliar.

Tentunya, media sosial yang memiliki basis pengguna terbesar di dunia. Facebook memiliki pengguna aktif lebih dari 2,17 miliar, naik hampir 15 persen dibanding tahun sebelumnya. Indonesia adalah negara dengan pengguna Facebook terbesar ke-empat di dunia.

Jumlah pengguna Facebook di Indonesia sebanyak 130 juta dengan persentase enam persen dari keseluruhan pengguna. Indonesia menjadi negara dengan basis pengguna Facebook terbesar di Asia Tenggara.  Di urutan pertama, ada India dengan pengguna Facebook terbesar di dunia dan memiliki pengguna aktif Facebook sebanyak 250 juta.

Amerika Serikat (AS) dan Brazil berada di urutan kedua dan keempat yang masing-masing memiliki jumlah pengguna sebanyak 230 juta dan 130 juta seperti dikutip We Are Social. Sebelumnya, India menempati urutan ke dua di dengan jumlah pengguna 213 juta dan AS memiliki jumlah pengguna aktif 219 juta. Dalam setahun, India berhasil melampaui jumlah pengguna di AS.

Di bawah Indonesia, ada Meksiko dan Filipina yang menempati urutan kelima dan keenam dengan jumlah pengguna masing-masing sebanyak 83 juta dan 67 juta.

Ada Bekasi

Demografi Pengguna Facebook

Indonesia patut berbangga karena ada dua kota yaitu Bekasi dan Jakarta yang menjadi basis pengguna aktif Facebook di dunia. Uniknya, pengguna aktif Facebook asal Bekasi lebih banyak dan eksis dibanding pengguna aktif Facebook asal Jakarta.

Bekasi memiliki pengguna aktif Facebook sebanyak 18 juta orang, mengalahkan Jakarta hanya 16 juta orang. Di atas bekasi, ada Bangkok (Thailand) dan Dhaka (Bangladesh) yang masing-masing memiliki pengguna aktif Facebook sebanyak 22 juta orang dan 20 juta orang.

Jika digabung, pengguna aktif Facebook asal Jakarta dan Bekasi mencapai 34 juta orang dan mengalahkan pengguna aktif Facebook asal Bangkok bahkan terbesar di dunia.

InfoKomputer

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


three × one =