Mantan Relawan Jokowi Sebut Pelaporan Amien Rais Bentuk Pembungkaman

Foto: via VoA / Munarsih

 

JAKARTA  –  Pernyataan Amien Rais soal partai setan vs partai Allah akhirnya berujung laporan polisi di Polda Metro Jaya.

Akan tetapi, pelaporan oleh Cyber Indonesia itu dinilai mantan relawan Jokowi sebagai tindakan untuk membungkam Amien yang selama ini dikenal kritis.

Demikian disampaikan Kordinator Komunitas Relawan Sadar (Korsa) Amirullah Hidayat kepada redaksi, Minggu (15/4/2018).

Selain pembungkaman, Amirullah juga meyakini hal itu sekaligus bentuk tekanan psikologis terhadap orang atau kelompok yang ingin melakukan kritik keras terhadap pemerintah.

“Tindakan pelaporan Amien Rais ini kami nilai dilakukan untuk menekan dan menciptakan ketakutan kepada orang-orang yang ingin mengkritisi pemerintahan Joko Widodo,”
kata Amirullah.

Lebih lanjut, Amirullah menyimpulkan bahwa pelaporan Ketua Penasehat Persaudaraan Alumni 212 itu tidaklah terlalu kuat.

“Dasar pelaporannya hanya pernyataan tentang partai Allah dan partai setan,” katanya. Sebelumnya, Amien Rais dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Cyber Indonesia di Polda Metro Jaya, Minggu (15/4/2018).

Dalam laporan tersebut, Amien disangkakan dengan pasal 28 Ayat 2 jo Pasal 45A Ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 (UU ITE) dan atau pasal 156A KUHP. Pasal tersebut adalah pasal yang sama yang mengantarkan Ahok ke dalam rutan Mako Brimob.

Tercantum, laporan itu bernomor registrasi LP/2070/IV/2018/PMJ/Dit. Reskrimsus, Tanggal: 15 April 2018 dengan nama pelapor Aulia Fahmi, SH. Ketua Cyber Indonesia Aulia Fahmi menyatakan, pernyataan Amien itu sangat berbahaya bagi Indonesia.

Selain itu, pernyataan Amien Rais tersebut dapat memecah belah masyarakat. “Pernyataan ini juga menjadi penting karena disampaikan oleh tokoh bangsa dengan mendikotomikan Partai Allah dan Partai Setan,” jelasnya.

Hal itu kemudian menjadi masalah karena ada statmen lanjutan bahwa partainya, PAN, PKS dan Gerindra adalah partai Allah. “Kemudian diikuti sebutan ‘orang-orang yang anti tuhan bergabung dalam partai besar’,” lanjutnya.

Aulia menilai, kalau hanya tiga partai yang disebut sebagai partai Allah, maka berarti Amien menganggap partai lain partai setan. “Atau kelompok lain adalah kelompok setan,” katanya.

Sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


eleven − one =