Oposisi Malaysia Usung Mahathir Sebagai Calon PM Malaysia

Foto: The Malaysian Insight

 

Mantan Perdana Menteri Mahathir Mohammad resmi diusung sebagai kandidat PM oleh koalisi oposisi dalam pemilihan umum yang bakal digelar Agustus mendatang.

Diusungnya Mahathir menjadi ancaman besar bagi Perdana Menteri Petahana, Najib Razak, yang terbelit skandal korupsi. Nama Mahathir mencuat menyusul pemimpin oposisi saat ini, Anwar Ibrahim yang mendekam di penjara.

Reputasi Mahathir selama 22 tahun sebagai perdana menteri, akan menjadi pemimpin tertua di dunia jika oposisi berhasil memenangkan pemilihan umum. Dia disandikan dengan Wan Azizah, istri Anwar yang diplot sebagai calon Wakil PM.

“Saya berutang dan berterima kasih kepada Anwar karena mau bekerja sama dengan saya dan tim dalam upaya menyelamatkan negeri ini,” kata Mahathir seusai pengumuman pencalonannya secara resmi, melansir The Sun Daily, Minggu, (7/1).

Dia mengakui menerima dirinya adalah hal yang tidak mudah bagi Anwar, de facto pemimpin Partai Keadilan Rakyat (PKR). Mahathir adalah orang yang menjebloskan Anwar ke dalam penjara dengan tuduhan sodomi. “Mereka telah menderita selama 20 tahun, tidak mudah bagi mereka untuk melupakan episode tersebut,” kata Mahathir dalam pidato di Konvensi Aliansi Oposisi Pakatan Harapan.

Anwar dipecat dari jabatan wakil perdana menteri pada 1998, setelah berselisih paham dengan Mahathir yang saat itu menjabat sebagai Perdana Menteri. Partai Keadilan Nasional, pendahulu PKR, dibentuk Anwar seabgai perlawanan terhadap pemerintahan Mahathir. Mahathir, yang kini menjadi Ketua Aliansi Oposisi Pakatan Harapan mengatakan, bukan Anwar saja yang kesulitan menerima dia sebagai pemimpin.

“Partai-partai lain juga punya masalah untuk menerima saya, musuh lama mereka. Bagi mereka saya Mahazalim, dan Mahafiraun,’ kata Mahathir, merujuk pada julukan yang disematkan pada dia selama berada di partai berkuasa, UMNO. Perlawanan terhadap PM Najib menyatukan Anwar dan Mahathir. Kini mereka bersatu dalam koalisi oposisi.

 

 

KabarNews

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


7 + ten =