PM Inggris, Trump dan Obama Tak Diundang ke Pernikahan Pangeran Harry

Foto: via GettyImages

 

London  —  Perdana Menteri Inggris, Theresa May tidak diundang untuk menghadiri upacara pernikahan cucu Ratu Elizabeth, Pangeran Harry dengan Meghan Markle pada 19 Mei, kata sumber di pemerintahan Inggris, Selasa (10/4/2018).

Sumber di Istana Kensingson, kediaman resmi William dan Harry menyebutkan, tamu upacara pernikahan itu adalah yang memiliki hubungan atau berhubungan langsung dengan mempelai pria atau wanita atau kedua-duanya.

“Sudah ditetapkan bahwa daftar resmi pemimpin politik, baik Britania Raya maupun internasional, tidak diperlukan untuk pernikahan Pangeran Harry dengan Nona Markle,” kata juru bicara resmi Istana. Pemerintahan Ratu, telah diberi tahu soal keputusan yang diambil oleh Rumah Tangga Kerajaan.

Surat kabar “Telegraph” dan sejumlah media lain Inggris mengatakan Presiden AS Donald Trump dan pendahulunya, Barack Obama, tidak diundang. Juru bicara istana pun menolak memberikan komentar soal itu. Beberapa spekulasi muncul, bahwa keluarga Obama kemungkinan akan diundang karena ada hubungan pribadi antara mantan presiden Amerika Serikat itu dengan Harry.

Tapi secara diplomatik, keadaan akan menjadi canggung jika Obama diundang, sementara Trump tidak. Kendati keluarga kerajaan diharapkan bebas dari politik, penyeimbangan konstitusional Inggris yang pelik membuat para anggota kerajaan harus berkonsultasi secara diam-diam dengan pemerintah guna memastikan tindakan mereka di depan publik mematuhi kebijakan luar negeri.

Sumber di pemerintahan Inggris mengatakan, kantor Perdana Menteri Inggris tidak berharap akan diundang. Sumber pemerintah tersebut mencatat, tempat upacara pernikahan jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Westminster Abbey, tempat kakak Harry, Pangeran William, menikahi Kate Middleton pada 2011.

Upacara pernikahan William-Kate saat itu dihadiri banyak kepala pemerintahan. Pangeran Harry akan menikahi Meghan Markle di Gereja St George’s di Istana Windsor. Meghan Markle adalah artis film Amerika, yang terutama dikenal atas perannya dalam film seri televisi “Suits”.

Antara

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


16 + 8 =