Sulit Bangun Pagi? Lakukan 6 Langkah Ini

ilustrasi: Google Image

 

Membuka mata dan beranjak dari tempat tidur di pagi hari adalah sebuah perjuangan berat yang dirasakan hampir semua orang. Bantal-guling terasa lebih menggoda dibanding bayangan setumpuk aktivitas yang melelahkan. Terutama buat orang yang tergolong sulit tidur dan bukan ‘makhluk-pagi-hari’. Di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa kamu coba supaya lebih mudah bangun di pagi hari tanpa perlu menenggak bergelas-gelas kopi.

#1  Pindah ke ujung tempat tidur

Tempat tidur yang empuk memang selalu membuat nyaman. Kurangi kenyamanan itu dengan langsung menggeser badan ke tepian tempat tidur sesaat setelah membuka mata di pagi hari. Dengan begitu, kalau pun mata kita kembali terpejam, tapi tak akan berlangsung terlalu lama karena posisi yang tidak nyaman.

#2  Jangan pakai penutup mata

Banyak juga orang yang tergantung pada penutup mata saat tidur. Tapi sebaiknya tidak usah digunakan jika kamu termasuk tipe yang sulit bangun pagi. Biarkan terangnya sinar matahari masuk lewat jendela dan langsung jadi ‘alarm’ yang menyilaukan mata.

#3  Hindari gadget 30 menit sebelum waktu tidur

Cahaya biru yang dihasilkan layar gadget membuat kita sulit tidur. Jadi sebaiknya jauhkan gadget dari tangan kamu, setengah jam sampai satu jam sebelum tidur, untuk menghindari usilnya jari membuka media sosial.

#4  Simpan HP jauh dari tempat tidur

Lakukan ini jika kamu tak hentinya menekan tombol ‘snooze’ saat alarm berbunyi. Selain memudahkan kita tertidur, menyimpan HP jauh dari ranjang akan memaksa kita beranjak dari zona nyaman untuk mematikan alarm.

#5  Lakukan pemanasan ringan

Sudah berhasil membuka mata dan berdiri? Atau masih lemas karena nyawa masih belum ‘terkumpul’? Hehehee. Ayo gerakkan badan dengan olahraga ringan supaya mata benar-benar terbuka dan wajah lebih segar.

#6  Cuci muka dengan sabun yang mengandung mint/mentol

Selain untuk menghilangkan minyak yang ngumpul di wajah saat tidur, dinginnya mint dalam sabun cuci muka akan menambah kesegaran di pagi hari.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


thirteen − two =